Matahari Terbit dari Barat, ini Tanggapan dari NASA

Matahari Terbit

RevHotNews , Matahari Terbit dari Barat, ini Tanggapan dari NASA, Beberapa waktu lalu publik dibuat gempar dengan sebuah postingan di Facebook yang menyebutkan bahwa matahari terbit dari barat.

Dalam postingan yang tersebar dalam dua bahasa yaitu bahasa Thailand dan Inggris, disebutkan bahwa matahari terbit dari timur karena bumi berputar ke arah sebaliknya.

Unggahan tersebut berbunyi  “Bumi akan berputar ke arah sebaliknya yang menyebabkan Matahari muncul dari sisi barat. Periset meyakini bahwa bumi bergerak menuju pembalikan medan magnet yang akan menjadi akhir umat manusia dan mendekati kiamat,”

Bahkan unggahan tersebut menyatakan bahwa pihak NASA juga membenarkan adanya kemungkinan kejadian tersebut.

Tanggapan Pihak NASA

Setelah postingan Facebook ini viral dan menimbulkan reaksi banyak orang, pihak badan antariksa Amerika Serikat pun turut memberikan tanggapan.

Badan antariksa Amerika Serikat dengan tegas membantah unggahan tersebut. Hal ini disampaikan oleh Bettina Inclan yang merupakan Associate Administrator for Communications dari NASA.

“Baik NASA maupun organisasi ilmiah lain tidak ada yang memprediksi Matahari akan terbit dari barat,” terang Bettina Inclan.

Ia juga menyatakan bahwa fenomena pembalikan Medan magnet dapat terjadi dan telah terjadi beberapa kali di masa silam.

Namun pernyataan yang menyebutkan bahwa fenomena pembalikan Medan magnet akan membuat matahari berputar ke arah sebaliknya dan matahari terbit dari barat adalah pernyataan yang salah.

Matahari Terbit dari Barat di Planet Venus

Peristiwa terbitnya matahari dari arah barat, nyatanya memang terjadi namun pada planet Venus. Pada planet Venus, matahari memang terbit di barat dan tenggelam di timur.

Ada hal mendasar yang  menyebabkan hal ini, yaitu, planet Venus melakukan rotasi dengan arah sebaliknya atau ke belakang.

Adapun Planet Venus sendiri memiliki perbedaan dengan bumi dari segi waktu rotasi dan revolusi. Rotasi dari planet Venus sangatlah lambat. Venus memerlukan 243 hari bumi untuk melakukan satu kali rotasi.

Sedangkan untuk revolusinya sendiri justru lebih cepat yaitu 225 hari untuk satu kali revolusi atau mengelilingi matahari. Ini artinya satu hari di Venus lebih lama dibandingkan satu tahun pada planet tersebut.

Hal ini juga menyebabkan matahari akan terbit di Venus setiap 117 hari sekali yang artinya pada planet Venus matahari akan terbit 2 kali saja setiap tahunnya dan tidak seperti di Bumi yang berotasi dalam jangka waktu 24 jam dan membuat matahari dapat terbit setiap harinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *